Saturday, January 09, 2010

Cadangan Minyak dan Gas Bumi di Indonesia

huahh..
lama tak berjumpa..


Iya nih, akhir-akhir ini sibuk mulu.. semester baru makin tambah banyak tugas dan peer, pelajarannya juga makin sulit.. Bertemu lagi dengan Mekanika Teknik dan Dinamika Fluida.. ditambah mata kuliah Teknik Reservoir Gas..


Dan semester ini harus membuat yang namanya Kertas Kerja Wajib.. kayak TA gitu, tapi harus bikin tiap tahun berdasarkan Kerja Praktik Lapangan dan ada ujian sidangnya juga..


di Aka2 ini saya mengambil judul "Evaluasi Hasil Analisis Komposisi Gas Alam dengan Gas Chromatograph di PT PGN (Persero) Tbk. SBU II Jawa Bagian Timur Distrik Surabaya"


Nampak keren ya.. hihi..


Tahun lalu waktu aka 1 saya malas banget kalau ngerjain KKW, alhasil ditunda-tunda terus. Yang harusnya bisa jadi setelah selesai PKL bulan Maret, eh saya baru bimbingan dosen bulan Mei dan ngumpulin KKW pada H-3 ujian sidang..


Bertekad di aka2 ini tidak akan mengulangi hal yang sama, karena judulnya lebih berat.. hehe.. doakan yaa.. biar gak males..


Di semester 2 aka 2 ini saya bertemu lagi dengan dosen yang asyik dan absurd bernama Bp. Eko Budhi Santosa yang gendut dan kayak sinterklas. Kita sekelas bersyukur banget dapet jadwal dosen itu di hari Jumat siang yang notabene si dosen pasti bakal males ngajar dan bakal lebih gampang dilobby buat absen jalan.. hehe.. jadi bisa pulang ke rumah deh.. (hari sabtu kuliah libur)


Nah, Jumat kemarin itu adalah pertemuan pertama di mata kuliah Surface Production Facilities. Karena waktu aka 1 dulu beliau sudah mengajarkan tentang wellhead, christmas tree, separator, dan heat exchanger, maka kali ini kita belajar tentang yang namanya tanki..


Sebelum masuk ke penjelasan tentang tanki, si pak Ebudh ini cerita2 dulu.. dia kan dulu orang lapangan, jadi pengalamannya banyak bgt.. Nah, beliau cerita2 tentang cadangan minyak dan gas bumi yang ada di Indonesia. Kita diliatin peta-peta ini..

Ini adalah peta tematik cekungan batuan yang ada di Indonesia. Daerah yang berwarna merah adalah cekungan yang sudah berproduksi, warna biru adalah cekungan yang sudah dieksplorasi namun belum berproduksi, warna hijau adalah cekungan yang sudah diadakan pengeboran namun belum ditemukan hidrokarbon, dan yang warna kuning adalah daerah yang belum dieksplorasi.


Untuk persebaran cadangan minyak dan gas bumi sendiri dapat dilihat dari peta berikut ini.





Perusahaan minyak yang bereksplorasi di Indonesia antara lain Pertamina EP (Eksplorasi dan produksi), perusahaan asing (KPS-Kontrak Production Sharing) seperti Chevron (dulu Caltex) di Duri, Exxon Mobil di blok Cepu, Medco di Palembang, Conoco Phillip, Vico, Cnooc, Petrocina dan banyak lagi.


Sedangkan ini adalah persebaran cadangan gas alam di Indonesia.




Untuk gas bumi ini memang sebagian besar diproduksi untuk keperntingan ekspor, seperti PT Badak di Bontang yang memproduksi LNG untuk diekspor ke Jepang. Selain itu juga untuk pembangkit listrik, bahan baku petrokimia, dan untuk kebutuhan konsumen lain seperti industri dan rumah tangga. Nah, perusahaan yang melayani distribusi gas alam untuk kepentingan komersial, industri dan rumah tangga adalah PT Perusahaan Gas Negara (PGN) yang kini sudah beroperasi di tiga SBU, yaitu Sumatera bagian Utara (Medan), Jawa Bagian Barat (Jakarta) dan Jawa Bagian Timur (Surabaya). PGN juga telah membangun jalur transmisi gas dari Sumatera Selatan ke Jawa Barat (SSWJ).


On a lighter note, PGN adalah tempat dimana saya akan bekerja di masa depan dan selama ini telah begitu baik kepada saya dan 40 teman, abang, kakak, dan adik saya dari SMA TN dengan membiayai kuliah kami di STEM dan akan menerima kami sebagai pegawainya saat lulus nanti. Plus tiap bulan dikasih uang saku.. Huhu.. terima kasih PGN..


Hhmmm...



Indonesia itu memang kaya banget yaa.. namun kekayaan itu tidak ada artinya kalau tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Ya kan ya kan ya kan..


Hehe.. FYI, saya dan Dini mengikuti kuliah ini tanpa pakai sepatu dan celana kami basah karena kehujanan waktu berangkat (kita berangkat naek sepeda) yang ternyata hujannya berhenti tepat saat kami masuk kelas (gembel emang). Dan setelah kuliahnya selesai, celana kami sudah kering..


Baiklah kalau begitu. Sekian dulu postingan dari saya yang malas ini.


Smell you later..








Jaman-jaman matrikulasi, belum tahu apa-apa tentang dunia migas..





Praktik MR/S di Surabaya, sudah sedikit tahu tentang dunia migas..

10 comments:

  1. mas tofa ama pak iwan nampang haaahah

    ReplyDelete
  2. wah terima kasih ya atas sarannya, alhamdulillah sekarang sudah sehat. Wah kamu keren sekali foto2nya , semoga bisa jadi ahli migas ya !
    Arya JuraganKambing

    ReplyDelete
  3. like....makasi ya dek... (b'pai)

    ReplyDelete
  4. Rasanya saya kenal kamu deh di Cepu dulu, waktu praktek di kilang??

    ReplyDelete
  5. kayaknya pernah kenal, dimana ya? :p

    ReplyDelete
  6. Hebat bisa buat blok ini skalian dpt untung hehehe, juga skalian ngenalin cepu dg stem-nya. Cuma jgn buka kartu dong, pake gak masuk kelas tp absen jalan kayak kalimat ini,"bakal lebih gampang dilobby buat absen jalan", gak baik.....

    Ok, trus sukses ya..........

    ReplyDelete
  7. thanks...visit me in http:/limasagung.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. PT. Citra Nusantara Energi sebagai distributor Gas Alam cocok digunakan di Industri/alat transportasi pribadi/umum. AMAN, LEBIH RAMAH LINGKUNGAN & HARGA BERSAING. For more info CALL (031) 8550858 or klik http://cne.co.id/ :)

    ReplyDelete
  9. Ijin share ya tentang gas alam,siapa tau bermanfaat. klik http://cne.co.id/ atau http://geratih.blogspot.com/ :)

    ReplyDelete

silakan dikomenkomenin..