Thursday, December 10, 2009

Ayo Rame-rame Bikin P A P E R C R A F T ..!!

Halo halo halo..

Setelah membaca (huhu.. terima kasih banyak buat yang udah mau membaca postingan-postingan saya..) postingan saya sebelumnya tentang pengalaman saya ber-papercraft-ria, dalam postingan kali ini saya akan sedikit menjelaskan dan memberi tips tentang membuat papercraft..

Membuat papercraft atau sering juga disebut papermodel, sebenarnya mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah tangan yang bisa menggunting, melipat, dan mengelem. Oh, bukan. Kebutuhan primer dalam papercrafting adalah kesabaran dan ketekunan, karena mungkin Anda akan menemui kesulitan-kesulitan dalam proses pembuatannya, seperti kesulitan bernafas dan menelan. Saya tidak mengada-ada. Anda akan mengalami kesulitan bernafas ketika Anda salah mengelem, bukannya ngelem kertas, tapi malah hidung Anda yang dilem. Dan kesulitan menelan ketika Anda malah menelan tusuk gigi yang digunakan untuk mengelem.

Hoah, back to the main topic (hidayat)..

Jadi, alat dan bahan yang diperlukan adalah..

1. Pola yang mau dibikin..
2. Gunting yang tajam.. (bukan gunting rumput), sometimes we also need a cutter..
3. Lem kertas yang jagoan.. (Lem Fox atau UHU, jangan Glukol, atau bahkan pake nasi)
4. Tusuk gigi untuk mengoleskan lemnya.. Harus yg baru, jangan pake yang bekas yaa..
5. Bolpoin yang udah kering atau habis tintanya.. (tapi ini gak mutlak harus ada kok)

nah, misalnya pake pola ini nii..




Teman-teman juga bisa mendownload pola-pola yang superlucu lainnya di link-link yang ada di kolom Blogs About Papercraft di samping kanan inii.. Nah, setelah didownload, polanya diprint warna dengan kertas yang tebal, seperti kertas manila itu. Sebenarnya matte photo paper lebih recommended dan hasilnya  bisa glossy2 gitu, tapi karena kayaknya mahal dan susah didapat, pake manila atau karton putih udah bagus bgt.. Jadi kertas manila ukuran A1 itu dibagi menjadi delapan bagian sama besar (caranya dilipet jadi 2, trus dilipet jadi 2 lagi, trus dilipet jadi 2 lagi deh), maka akan menghasilkan kertas yang ukurannya hampir sama dengan A4, cuma lebih panjang dikit. Yang penting kan bisa lewat printer standar kan..

Setelah diprint, pola bisa langsung digunting menurut outline nya.. Untuk memudahkan pengguntingan dan pelipatan nantinya, pola itu bisa kita trace dengan bolpoin yang udah kering sebelum digunting.

Udah? Oke, lanjut..

Nah, kalau sudah seselai proses pemotongan pola, kita lipet-lipet deh bagian yang perlu dilipet. Biasanya ada petunjuknya, kalau garis putus-putus itu berarti dilipet ke luar (bagian lipatannya membentuk bukit), kalau garisnya strip-titik-strip-titik berarti nglipetnya ke dalem (bagian lipatannya membentuk lembah).. Biasanya bagian lidah-lidahnya (putih, di pinggir-pinggir, tempat ngelem) juga dilipet..

Selanjutnya, pola-pola yang udah dilipet-lipet itu dibentuk dan dilem menurut bentuknya itu.. Bagian yang perlu dilumuri lem biasannya yang diujung-ujung berwarna putih itu.. Biasanya satu model itu terbagi menjadi beberapa bagian.. Seperti model Doraemon ini, terdiri dari dua bagian terpisah, yaitu kepala dan badannya.

Siipp.. setelah bagian-bagiannya udah selesai dibentuk, digabungin dwehhh.., dengan dilem juga tentunya. Tapi ada juga yang cuma dipasang gitu aja..

Yeyeyeyeyeeee...

Jadilah si Papercraft kita ini...


Si Dora, tampak depan.. Denagn senyum 3 jarinya..




Si Dora, tampak samping..



Si Dora, tampak belakang.. Gaya lu, Dor, berasa mau ikutan foto model aja..

Naaah.. begitulah teman-teman..

Oia, tusuk gigi jangan sekali-kali didanti dengan sikat gigi.. Soalnya bakal lebih susah kalo ketelen..

Dan untuk menyambut Hari Natal, bagi yang merayakan, ayo bikin papercraft Christmas Tree ini..

 
Membuatnya sangat mudahh..



Jadinya seperti ini.. simple but cute, huh?


Saat ini pun, saya dan Dini sedang mengerjakan project baru, yaitu papercraft PowerPuff Gilrs yang sangat imut..

Baiklah kalau begitu, teman-teman..

Selamat berkreasi dengan papercraft-mu..!!







6 comments:

  1. Kreatif, simple tapi hasilnya wow keren

    ReplyDelete
  2. wih hasilnya bagus banget nieh , besok beli papercraft nya dulu ah ^_^

    ReplyDelete
  3. keren keren ^_^ yang doraemon lucu tuh hihi

    ReplyDelete
  4. Wah2.. kalo misal kertas A1 ngepritnnya gmn yah???

    ap nggak pake kertas buffalo ukuran F4 yah???

    btw ikut djarum black blog competition yah, aku liat kok di postingnya nggak ada keyword wajib buat lomba...

    semangat buat lombanya yah..

    ReplyDelete
  5. @Facechan: nah, kertas A1nya itu dipotong2 jadi 8 lembar.. ukurannya jadi hampir sama kayak F4 kok, atau A4 tapi panjang dikit.. kalau mau pake buffalo juga gapapa kok.. terserah kreatifitas masing2..
    Ia kau ikut lomba blog itu, tapi emang blom ada keywordnya.. hehe..
    semangat juga lombanya yaaa...

    ReplyDelete

silakan dikomenkomenin..